Tuesday, March 21, 2017

Menghapus Software Yang Terinstall Sendiri

Komputer / Laptop anda pernah mengalami tiba2 ada software tidak dikenal terinstall sendiri di komputer ? Setelah anda uninstall pun software tersebut hanya hilang sementara dan akan terinstall lagi secara tiba tiba. Sebenarnya apa sih virus ini ? Virus ini dinamakan Adware.

Apa sih Adware itu ?

Adware adalah sejenis perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk menginstalasi dirinya sendiri pada komputer user tanpa diketahui oleh user dan perangkat lunak tersebut akan menampilkan iklan disaat user mencari informasi di internet.

Lalu bagaimana dia bisa terinstall secara tiba2 ?

Biasanya Adware memanfaatkan aplikasi yang bersifat gratis seperti Software Freeware dan Software Shareware yang didapatkan dari internet. Di dalam aplikasi tersebut tersimpan program adware yang dibundle di dalamnya. Maka ketika si user melakukan penginstalan aplikasi gratis tersebut, secara otomatis program Adware pun ikut terinstal. Sebetulnya dalam proses instalasi aplikasi gratis yang didalamnya terdapat Adware ada form yang menampilkan persetujuan pengguna untuk menginstal program Adware. Namun masalahnya adalah informasi persetujuan tersebut cenderung lebih tidak disadari oleh si user, dan didukung dengan kebiasaan user dalam menginstal program yang tidak membaca secara teliti peraturan dan pedoman pengguna untuk aplikasi yang mereka instal. Alhasil Adware dapat dengan mudah menyusup pada sebagian besar pengguna aplikasi gratis tersebut. Program adware bisa berupa aplikasi yang terpasang langsung pada sistem komputer atau aplikasi yang berupa plugin yang menempel pada browser si user.

Bagaimana jika komputer kita telah terinfeksi Adware ini ?

Tidak usah khawatir dan tidak perlu install ulang komputer anda karena ada software yang bernama AdwCleaner yang akan menghapus Adware yang ada di komputer anda. Anda bisa download AdwCleaner melalui website officialnya disini:


Screenshoot AdwCleaner


2 comments: